Cara Install Terminal CLI Ubuntu, Kali Linux, Debian, dan OpenSUSE di Windows 10

Kini di versi terbaru Windows 10 edisi Fall Creators Update (Versi 1709) sudah memiliki sebuah fitur baru yang mana Windows dapat berintegrasi dengan Linux tanpa harus menggunakan virtual machine seperti VMware atau Virtual Box, ataupun melakukan instalasi dual boot pada laptop/pc kamu. Kamu cukup melakukan tutorial di bawah ini untuk dapat merasakan pengalaman dalam mengoperasikan CLI (Command Line Interface) atau biasa disebut Terminal yang ada pada Linux.

Oke sebelum lanjut ke tutorialnya, pastikan versi Windows 10 kamu minimal sudah berada di versi 1708. Untuk mengecek versi Windows kamu, jalankan aplikasi run (Win+R) lalu ketikkan winver dan enter.

Screenshot 2 - Cara Install Terminal CLI Ubuntu, Kali Linux, Debian, dan OpenSUSE di Windows 10

Selanjutnya akan ditampilkan detail mengenai sistem operasi Windows yang kamu gunakan seperti gambar dibawah ini.Screenshot 1 - Cara Install Terminal CLI Ubuntu, Kali Linux, Debian, dan OpenSUSE di Windows 10

Jika versi Windows 10 kamu sudah berada minimal di versi 1709, maka selanjutnya kita akan mengaktifkan fitur Windows Subsystem for Linux, caranya cukup mudah, yaitu dengan menjalankan perintah dibawah ini pada Windows PowerShell (Admin) dengan cara klik kanan pada Windows Start Menu, lalu pilih Windows PowerShell (Admin) dan masukkan perintah dibawah ini :

Screenshot 3 - Cara Install Terminal CLI Ubuntu, Kali Linux, Debian, dan OpenSUSE di Windows 10

Jika perintah diatas sudah berhasil dijalankan, maka selanjutnya kamu perlu me-restart laptop/pc kamu agar fitur tersebut dapat disesuaikan pada sistem operasi Windows dan berjalan dengan baik.

Setelah restart, buka Windows Store. lalu cari kata kunci Linux pada kolom pencarian agar kita dapat melihat pilihan sistem operasi Linux yang dapat kita intergrasikan kedalam Windows 10 kita. Terdapat 4 pilihan OS Linux yang dapat pilih diantaranya Ubuntu, Kali Linux, Debian, dan OpenSUSE / SUSE. Masing-masing dari sistem operasi tersebut memiliki fitur-nya masing-masing.

Pada tutorial ini saya memilih sistem operasi Kali Linux untuk diinstall pada Windows 10, klik tombol Get/Instaluntuk melanjutnya proses pengunduhan dan instalasi. Tunggu hingga prosesnya selesai.

Capture2 3 - Cara Install Terminal CLI Ubuntu, Kali Linux, Debian, dan OpenSUSE di Windows 10

Selanjutnya, setelah proses pengunduhan selesai, tekan tombol Launch pada halaman Windows Store untuk menjalankan Linux yang sudah di unduh. Nantinya kita akan di berikan tampilan berupa teks dengan informasi yang menginformasikan bahwa proses instalasi sedang berjalan.

Capture3 3 - Cara Install Terminal CLI Ubuntu, Kali Linux, Debian, dan OpenSUSE di Windows 10

Selama proses instalasi berjalan, nantinya kita akan di minta untuk memasukan beberapa informasi seperti username, password, serta informasi lainnya. Nantinya informasi ini di gunakan sebagai verifikasi pada saat meminta akses root atau superuser pada Linux.

Setelah semuanya selesai dilakukan. maka Terminal CLI Linux siap di gunakan pada Windows 10 kamu.

Screenshot 4 - Cara Install Terminal CLI Ubuntu, Kali Linux, Debian, dan OpenSUSE di Windows 10

Selesai.

Sekian artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi kamu yang ingin merasakan sensasi Terminal / CLI di Linux tanpa harus menggunakan virtual machine dan dual boot. Terima kasih.

RUANG DISKUSI

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Beritahukan saya jika