Perpustakaan Unsyiah – Dengan Perpaduan Konsep Minimalis Dan Modern

IMG 20170404 095431 - Perpustakaan Unsyiah -  Dengan Perpaduan Konsep Minimalis Dan Modern
Halo guys, pada kali ini saya akan bercerita sedikit tentang sebuah tempat yang mana menjadi tempat yang di penuhi dengan buku-buku yang tentunya gratis untuk dipinjam, yap itu dia perpustakaan. pertama mendengar kata perpustakaan, kita pasti berpikir kalau tempat ini sangat identik dengan buku. Dan pengunjungnya kebanyakan siswa, mahasiswa, dosen maupun siapa saja yang ingin membaca atau hanya sekedar meminjam buku. 
Nah kalau kamu siswa atau mahasiswa, kamu tentu saja pernah dong mengunjungi perpustakaan setidaknya satu kali seumur hidup. Nggak mungkin kan seorang pelajar nggak pernah ke perpustakaan sekalipun, tapi bisa saja sih ya 😆 .. Nah tiap orang juga beda-beda tempat nongkrong favorit tersendiri, ada yang di perpustakaan, di cafe, di kantin, dan tempat-tempat lainnya. Apalagi kalau kamu mahasiswa yang tinggal di Aceh, tentunya cafe menjadi tempat favorit untuk nongkrong bagi banyak mahasiswa, kenapa begitu? saya pun tidak tau hahaha .. oke skip.
IMG 20170404 095406 - Perpustakaan Unsyiah -  Dengan Perpaduan Konsep Minimalis Dan Modern

Nah pada artikel ini, saya akan membahas sebuah perpustakaan induk yang ada di kampus saya. yaitu Perpustakaan Universitas Syiah Kuala. Berlokasi tepat di depan lapangan tugu dan di sebelah Masjid Jamik Kopelma Darussalam, dengan bangunan berwarna putih serta berlantai tiga yang berdiri kokoh bak sebuah istana raja, membuat perpustakaan ini tampak begitu megah dari luar. Ditambah lagi dengan susunan kaca hitam yang terpasang di setiap dinding makin membuat bangunan ini begitu mewah dan wah.
IMG 20170404 094458 - Perpustakaan Unsyiah -  Dengan Perpaduan Konsep Minimalis Dan Modern

Disamping tampilan eksterior luarnya yang begitu megah, ternyata bagian interior Perpustakaan Unsyiah ini juga tak kalah wah, mulai dari meja dan kursi sebagai tempat membaca buku dan juga sebagai tempat berdiskusi para mahasiswa turut menghiasi perpustakaan ini. Beberapa sudut ruangan perpustakaan ini juga dihiasi dengan kata-kata inspiratif, membuat perpustakaan ini semakin modern dengan konsep minimalisnya.
Perpustakaan yang didirikan pada tahun 1970 ini pada awalnya masih menggunakan gedung Fakultas Ekonomi Unsyiah, Namun pada tahun 1994, perpustakaan ini mempunyai gedung sendiri yang didirikan tepat berdampingan dengan Kantor Pusat Administrasi Unsyiah. 
IMG 20170404 093443 - Perpustakaan Unsyiah -  Dengan Perpaduan Konsep Minimalis Dan Modern

Perpustakaan yang kini berada di bawah pimpinan Dr. Taufiq Abdul Gani M.Eng, Sc ini saat ini telah meraih sertifikat ISO 9001:2008 sebagai sertifikasi bahwa mutu pelayanan Perpustakaan Unsyiah memenuhi standar internasional. Sungguh ini suatu prestasi yang sangat membanggakan. Selain itu, Jumlah koleksi yang ada di perpustakaan ini juga sudah cukup lengkap mulai koleksi buku teks, terbitan berkala (jurnal), laporan akhir, skripsi, tesis, disertasi, majalah, buku referensi, laporan penelitian, CD-ROM dan dokumentasi yang jumlahnya sebanyak 75.114 judul atau 136.925 eksemplar. Bukan hanya dari koleksi tercetak saja, namun Perpustakaan Unsyiah  juga telah melanggan e-book dan e-journal pada beberapa penerbit internasional.
IMG 20170404 094542 - Perpustakaan Unsyiah -  Dengan Perpaduan Konsep Minimalis Dan Modern

Nah bicara soal fasilitas, tentu ini merupakan salah satu bagian penting, karena fasilitas yang tersedia tentunya membuat para pengunjung perpustakaan merasa nyaman dan betah berada di perpustakaan. Selain dari koleksi buku sebagai citra utama dari sebuah perpustakaan, beragam fasilitas pendukung lainnya juga tersedia seperti Mushalla, toilet, air siap minum, wifi berkecepatan tinggi, komputer, fotocopy, kios serta cafe dengan nama ‘Libri Cafe’ turut hadir perpustakaan ini.
IMG 20170404 094945 - Perpustakaan Unsyiah -  Dengan Perpaduan Konsep Minimalis Dan Modern

Selain itu, untuk proses pencarian dan peminjaman buku juga semakin mudah dengan hadirnya mesin peminjam mandiri yang terdapat di lantai dasar bagian sirkulasi. Para mahasiswa yang ingin meminjam buku hanya perlu untuk melakukan scanning kartu tanda mahasiswa (KTM) dan memasukkan pin perpustakaan yang telah terdaftar sebelumnya yang selanjutnya cukup dengan meletakkan buku yang ingin dipinjam pada mesin tersebut, dan resi peminjaman akan di print dan secara otomatis terekam pada sistem. Selain mesin peminjaman mandiri, Perpustakaan Unsyiah juga sudah memiliki mesin pengembalian mandiri yang cukup mudah digunakan, cukup dengan meletakkan buku diatas scanner dan secara otomatis mesin langsung mengkonfirmasi pengembalian kepada sistem. 
IMG 20170404 094836 - Perpustakaan Unsyiah -  Dengan Perpaduan Konsep Minimalis Dan Modern

Dari semua hal yang telah hadir di perpustakaan ini tentunya membuat suasana di Perpustakaan Unsyiah menjadi semakin nyaman. Diharapkan semoga dengan hadirnya perpustakaan seperti ini dapat membuat para pengunjung dari berbagai kalangan baik itu mahasiswa, dosen dan lainnya semakin betah berada di perpustakaan serta terus berkontribusi dalam berbagai hal agar kedepannya semakin maju.

Cukup sekian dulu cerita singkat saya mengenai perpustakaan ini mengenai Perpustakaan Unsyiah. Semoga artikel ini dapat memotivasi kita semua khususya saya sendiri selaku mahasiswa yang juga salah satu pengunjung agar lebih sering untuk menggali ilmu di perpustakaan. Semoga bermanfaat yah. 
Terima kasih.

NB : Artikel ini diikutsertakan pada Blog Contest “Lomba Blog – Unsyiah Library Fiesta 2017“.

– Referensi tulisan:
http://library.unsyiah.ac.id

RUANG DISKUSI

Jadilah yang pertama berdiskusi!

avatar
  Subscribe  
Beritahukan saya jika