Kumpulan Kode Status Shipment Pada Ekspedisi Pengiriman JNE

logo jne2 - Kumpulan Kode Status Shipment Pada Ekspedisi Pengiriman JNE

Kalau anda sudah mendapatkan nomor resi paket yang dikirim melewati JNE (Jalur Nugraha Ekakurir) bisa anda perhatikan bahwa seharusnya keadaan barang anda di bagian Shipment Status (Status Pengiriman). Masalahnya isi Shipment Status ini menggunakan kode – kode yang kadang tidak intuitif saat membacanya dan membuat kita menebak – nebak maksudnya.
Setidaknya dari membaca tracking paket JNE menggunakan nomor resi mencantumkan kotanya, biasanya juga muncul kode – kode yang menemani pada bagian Shipment Status. Walaupun beberapa istilah yang digunakan statusnya menggunakan bahasa Inggris, kadang yang dimaksud dengan yang tertulis agak berbeda – ini yang bisa menyebabkan kebingungan. Sekarang saya akan mencoba menjelaskan istilah dan  kode – kode yang mungkin muncul di Shipment Status pada saat tracking pengiriman paket.
Shipment Status JNE Umum
Status pengiriman paket kalau lancar langsung ke alamat tujuan tidak banyak variasinya, urutannya seperti tabel dibawah ini.
StatusArti
ManifestedBarang yang akan dikirim sudah diterima di JNE, sudah siap dan menunggu proses pengiriman.
On TransitPaket yang dikirim sedang transit di kota lain, dan akan diikutkan dengan jadwal pengiriman menuju kota tujuan.
On ProcessPaket sedang dalam proses pengiriman, kalau masih pada tahap ini biasanya agak lama menunggu updatenya.
Received On DestinationMaksudnya barang sudah diterima di JNE kota tujuan pengiriman, tapi masih belum dikirim ke alamat tujuan.
DeliveredArtinya paket sudah diterima di alamat tujuan, bila anda tidak di tempat segera hubungi orang satu rumah anda untuk konfirmasi.

Shipment Status JNE Lainnya

Selain status pengiriman paket diatas juga terdapat yang lainnya, biasanya kode – kode shipment status berikut akan digunakan kalau proses pengiriman tidak lancar atau ada masalah
StatusArti
AU (Antar Ulang)Barang anda sudah dibawa untuk dikirim tapi karena belum sempat diantar pada hari sebelumnya maka akan diulangi kembali hari ini.
BA (Bad Address)Alamat yang dituju tidak jelas atau salah. Hal ini bisa disebabkan kesalahan pada penulisan alamat, nomor RT/RW, nomor jalan, nomor rumah, kodepos, nomor gang, dan sebagainya.
MR (Misroute)Pengiriman salah menggunakan jalur atau menggunakan tujuan yang salah. JNE akan segera membetulkan jalur pengiriman paket yang digunakan.
CC (Criss Cross)Paket yang dikirim tertukar dengan paket lain.
RD (Redelivery)Paket akan dikirimkan kembali, ini bisa disebabkan penerima tidak ada di rumah.
Closed Once Delivery AttemptPaket telah diantar kurir JNE ke alamat tujuan, tetapi alamat penerima ternyata salah atau kosong. Kalau muncul status ini sebaiknya anda menghubungi kantor cabang JNE di kota anda.
Cnee Unknown (Consignee Unknown)Nama penerima paket tidak dikenali di tempat tujuan pengiriman, atau nama orang tersebut tidak tinggal di alamat tujuan. Ini bisa jadi disebabkan kesalahan penulisan nama atau alamat saat mengirim paket.
NTH (Not at Home / Not Home)Saat paket tersebut diantar ke alamat tujuan tidak ada orang yang menerimanya.
Box DelayBarang ada di JNE tapi tidak dikirimkan karena alamat salah atau tidak lengkap. Disarankan untuk langsung mengambil di kantor pusat JNE kota setempat. (Tambahan dari mas Adnan)
Box Undel (Box Undelivered)Paket sudah dikirim ke alamat tujuan tapi tidak orang di tempat dan sudah dihubungi berkali – kali melalui nomor telepon yang tercantum tidak ada respon. (Tambahan dari pertanyaan mbak Icha)
Status KosongIni bisa disebabkan kesalahan input data paket di JNE asal pengiriman, masih belum diupdate oleh agen JNE, barang yang dikirim belum masuk tahap Manifest, atau ada error pada database JNE.
Invalid BagStatus ini berarti paket anda salah masuk tas (invalid bag) sehingga ikut dikirimkan melalui jalur yang salah. Karena sudah dikenali bahwa barang tersebut tidak seharusnya dimasukkan dalam bag lain maka silahkan tunggu saja sampai ada update status JNE berikutnya. Status JNE yang ini juga baru saya sendiri mengalaminya.
LBA (Luar Batas Antar)Lokasi tujuan pengantaran paket di luar zona pengiriman JNE, biasa disebabkan alamat yang tertera letaknya di tempat terpencil. Silahkan hubungi kantor cabang JNE setempat untuk mengambil sendiri paketnya.
AU to OPSBarang yang sebelumnya tidak sampai ke tangan penerima telah diserahkan ke bagian Operasional JNE untuk dikirimkan kembali.
HO / HoldPaket sedang ditahan oleh pihak JNE, hubungi kantor JNE di kota anda untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut.
Hand OverPaket tersebut telah diserahkan ke pihak lain untuk diteruskan, biasanya adalah agen JNE lain yang lebih dekat dengan lokasi tujuan pengiriman.
HVS (High Value Shipment)Barang yang dikirimkan termasuk kategori benda berharga atau bernilai tinggi.
CLMaksudnya saat kiriman diantar ke alamat tujuan tapi keadaannya tutup atau kosong.
Pending UndelArtinya paket tidak terkirim (Undelivered) dan masih ditunda (Pending) proses berikutnya. Lebih baik anda ambil sendiri di agen JNE kota anda kalau status ini yang muncul.
FW (Forward)Paket diteruskan ke agen JNE di kota tujuan.
HO TO HVSBarang yang dikirimkan ditahan (Hold) pada bagian pengiriman benda berharga (High Value Shipment).
AU EX UNDELPaket akan dikirim ulang karena sebelumnya tidak bisa diantar ke alamat tujuan.
Handover ClosingBarang tersebut sedang dalam proses pengiriman ke kota tujuan.
Bt(Masih spekulasi) Paket batal dikirimkan pada waktu itu, dan sedang menanti proses pengiriman berikutnya. Ini disebabkan terjadinya masalah operasional JNE di lokasi bersangkutan.
Hold RusakStatus ini menginformasikan bahwa paket anda ditahan karena telah terjadi kerusakan, biasanya akan dituliskan juga dimana lokasi kejadiannya di akhir status.
Ada Jadwal AntarPaket telah diikutkan pada jadwal antar dan menunggu gilirannya.
Lain-lainStatus ini digunakan kalau paketnya belum diketahui keadaannya atau tidak ada alasan khusus.
HO TO SHODIQPaket anda ditahan pada bagian JNE yang tercantum
TLP Cnee NRNomor telepon penerima sudah dihubungi tapi tidak diangkat, selanjutnya barang tersebut dibawa kembali oleh kurir.
BTA*Masih belum diketahui*
HVS MOBIL TO*Spekulasi* Benda bernilai tinggi diantarkan menggunaka mobil menuju alamat penerima.
Box Hvs SegBarang berharga atau diasuransikan sudah berada di agen JNE pada kode lokasi yang dituliskan di akhir status.
AS INFO SHIPP DI (AS KURIR)*Spekulasi* Barang anda sudah berada di tangan kurir dan sedang dalam proses pengantaran.
Box Safety HVSPaket termasuk barang bernilai tinggi dan dimasukkan dalam bagian yang diamankan untuk mencegah kerusakan atau kehilangan.
Salah AreaBarang anda terbawa ke agen JNE di wilayah lain, dan akan dikirimkan kembali ke tujuannya yang tepat.
U01Alamat tidak jelas atau salah
U02Nama penerima tidak dikenal
U03Penerima sudah pindah alamat
U04Penerima telah meninggal dunia
U05Rumah atau kantor kosong, tapi masih dihuni. Liburan atau ditinggal kerja.
U06Paket ditolak oleh penghuni alamat yang dituju.
U07Rumah atau kantor kosong tidak berpenghuni.
U08Penerima menolak untuk membayar tagihan (kiriman COD). Biasanya untuk Lazada atau Zalora
U09Tutup pada akhir minggu atau libur
U10Musibah atau kecelakaan
U11Kerusakan pada kemasan
U12Salah rute pengiriman
U13Tertukar
U14Hilang
CR1Dikembalikan ke pengirim atau kota asal
CR2Dibatalkan oleh pengirim
CR3Diambil sendiri oleh penerima
CR4Paket rusak atau hancur
CR5Pengiriman ditunda menunggu instruksi lebih lanjut
CR6Alamat baru
D01Penerima yang dituju
D02Resepsionis kantor
D03Sekretaris perusahaan
D04Security (Satpam, Hansip, dan keamananan lainnya)
D05Divisi surat dan paket


Biasanya kalau kurir JNE telah berusaha mengirim paket ke alamat tujuan 2 kali dan tidak ada yang menerima, anda akan mendapatkan kertas yang ditinggalkan kurir tersebut bahwa paket anda bisa diambil sendiri di cabang JNE yang dituliskan. Ada juga yang akan menghubungi anda langsung via telpon, jadi pastikan anda memberikan nomor yang bisa dihubungi kepada si pengirim sebelumnya.

Kalau anda mengalami masalah pada pengiriman paket JNE baik tidak datang atau rusak saat menerima sebaiknya sampaikan keluhan ke JNE.

Catatan

Kode – kode JNE ini saya kumpulkan dari pengalaman pribadi dan pertanyaan yang masuk, juga mendapatkan artinya dengan mencari di internet atau menanyakan langsung ke pihak JNEnya. Jadi masih ada kemungkinan informasinya tidak akurat, tapi sudah saya usahakan merupakan yang terbaik dan sampai sekarang masih belum ada kesalahan. Saya juga akan sangat berterimakasih kalau ada yang menambahkan kode – kode lain.

RUANG DISKUSI

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Beritahukan saya jika